Destana - Destana di Kabupaten Banjarnegara galang solidaritas untuk penyintas erupsi Semeru

Packing Hasil Bumi Banjarnegara, Solidaritas untuk Penyintas Erupsi Semeru di Kabupaten Lumajang

Banjarnegara, bolodesa.id, (05/12/2021), Kabar terjadi erupsi Semeru pada sabtu (04/12/2021) sontak mengagetkan kita semua, karena hampir tak terdengar ada peringatan dini berseliweran di media sosial yang mengabarkan peningkatan status Semeru.

Ahli Vulkanologi Surono mengatakan, karakter erupsi Gunung Semeru yang terjadi saat ini berbeda dengan erupsi Merapi beberapa tahun silam. Mbah Rono, begitu dia akrab disapa, mengatakan bahwa erupsi Gunung Semeru disebabkan oleh gundukan atau kubah lava yang gugur akibat hujan. "Erupsi yang orang bayangkan seperti Merapi 2010, jebol kawah menjadi suatu letusan, awan panas letusan, di Semeru itu tidak terjadi, jadi berbeda prosesnya.

"Memang Semeru sering terjadi letusan berupa gas, uap, abu vulkanik, tapi dia cuma mengeluarkan lelehan lava yang membentuk gundukan atau kubah lava," ujar Surono dikutip dari tayangan Breaking News Kompas TV, Minggu (5/12/2021). "Gundukan ini makin lama makin besar volumenya. Nah, musim hujan ini dengan curah hujan tinggi secara alamiah bisa jadi membuat kubah lava sebagian menjadi batu, sebagian lagi masih cair longsor," lanjut dia.

Tapi bagaimanapun prosesnya, melalui release BNPB Data sementara sampai dengan minggu sore (05/12/2021) jumlah penduduk terdampak, akibat  abu vulkanik, adalah 5.205 jiwa dengan 1.300 orang kini berada di pengungsian. Hal ini tentu mengundang empati dan keprihatinan kita semua.

Dengan melihat jumlah pengungsi yang cukup besar dan aktifitas ekonomi seluruh warga yang berpotensi terganggu, Forum Desa Tangguh Bencana (Forum Destana) Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah bergerak cepat menggalang solidaritas untuk penyintas erupsi Semeru di Kabupaten Lumajang pada minggu (04/12/2021). 

Persiapan berangkat ke Lumajang melalui PMI Semarang

Penggalangan bantuan dilakukan oleh Forum PRB Desa di masing - masing desa. Selanjutya di salurkan melalui wadah Forum Destana Kabupaten Banjarnegara, baik berupa uang tunai maupun hasil panen bumi Banjarnegara berupa sayur - mayur sebagai kebutuhan dasar pangan bagi pengungsi. 

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Banjarnegara, Andri Sulistyo, SOR membenarkan perihal solidaritas untuk "Semeru" dari Destana - Destana yang ada di Kabupaten Banjarnegara.

"Bantuan di koordinir dan akan dikirim ke Provinsi Jawa Tengah oleh PMI Banjarnegara, untuk selanjutnya bersama -sama akan dikirim ke Lumajang oleh PMI, ungkap Andri. 

Lebih lanjut Andri mengungkapkan, sangat berterima kasih dan bangga dengan kepedulian Destana - Destana di Kabupaten Banjarnegara yang bergerak cepat menggalang bantuan sebagai wujud kepedulian pada kemanusiaan. 

Sementara Rohyanto dari Forum PRB Desa Sijeruk, Kabupaten Banjarnegara mengatakan, "solidaritas ini adalah wujud keprihatinan dan kepedulian kami terhadap bolo - bolo (saudara - saudara) terdampak di Lumajang".

"Kami bisa merasakan langsung kondisi mereka saat ini ketika mengalami bencana, karena kami yang tergabung dalam Forum Destana - Destana Banjarnegara adalah desa - desa yang memiliki ancaman Bencana Alam dan pernah juga mengalami bencana alam, yakni khususnya longsor karena kami jauh dari Gunung Berapi, tapi prinsipnya kami memiliki kesamaan sebagai desa rawan bencana." 

Koordinasi perwakilan Destana di Kabupaten Banjarnegara

"inilah saatnya kami melakukan solidaritas dan melakukan instrospkesi diri, bagaimana solidaritas kemanusiaan, empati itu tumbuh dari lubuk hati, terus dilatih dan di uji, untuk kemanusiaan yang lebih baik." Ungkap Rohyanto (P-27)

Post a Comment

Previous Post Next Post