FPRB Desa Rahayu Kirim Relawan untuk Solidaritas Bencana Longsor di Desa Kalijering Kebumen

Seman, berkaos hijau lengan panjang Ketua FPRB Desa Rahayu  memimpin Tim Relawan Siaga Bencana ke Desa Kalijering


Kebumen - Bolodesa.id (10/02/2021) Forum Pengurangan Risiko Bencana Desa Rahayu Kecamatan Padureso Kabupaten Kebumen, mengirim relawan Siaga Bencana sebagai solidaritas terhadap Bencana Tanah Longsor di Desa Kalijering Kecamatan Padureso Kabupaten Kebumen  ke lokasi kejadian.

Ketua FPRB Desa Rahayu, Seman mengatakan : "Kami mendorong "desa bersaudara" dalam wilayah Kecamatan Padureso, mengingat Kecamatan Padureso termasuk Kecamatan dengan ancaman longsor tinggi,sehingga pengiriman relawan ini adalah upaya mendorong "desa bersaudara" dalam wilayah Kecamatan Padureso. 

Desa Kalijering mengalami longsor di Dusun Krajan RT 02/ RW 02 setelah di guyur hujan deras pada selasa (09/02/2021). Akses jalan desa tertutup sepanjang 100 meter mengakibatkan 4 rumah dan 3 orang tertimbun. Tiga orang yang tertimbun ini merupakan satu keluarga, yakni Tarsinah (60), Doniatun, anak Tarsinah (46), serta Jamirun (53) suami Doniatun

Tim Relawan Siaga Becana Desa Rahayu di Desa Kalijering, Kebumen

"Saat para tetangganya memilih mengungsi saat hujan lebat, para korban memilih tetap tinggal di rumah yang letaknya berdekatan dengan tebing, rumah mereka tersapu material longsor dari tebing setinggi 100 meter. Ketika itu, Selasa (9/2/2021), hujan lebat mengguyur Padureso" kata Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasubag Humas Polres Iptu Sugiyanto kepada Bolodesa.info.

Sementara data Pusdalops BPBD Kebumen, sebanyak 119 jiwa mengungsi. Diantaranya terdapat beberapa kelompok rentan seperti anak, balita dan lansia.

Lebih lanjut Seman mengatakan,"dari evaluasi di lapangan, Tim Relawan Siaga Bencana Desa Rahayu, rencana akan beberapa hari di lokasi kejadian dan tempat pengungsian, sambil evaluasi apakah tim tetap atau pergantian Tim"

FPRB Desa Rahayu dibentuk tahun 2019 dengan dana APBD Kabupaten Kebumen, saat ini dalam membangun ketangguhan menghadapi bencana, kami bekerjasama dengan BUMDes mengelola wisata alam "Rahayu River Tubing" di sungai Lekor sebagai ajang latihan Tim Siaga Bencana Desa Rahayu sekaligus pendanaan, jelas Seman. (P-27)

1 تعليقات

  1. Terima kasih atas postingannya... semoga semua usaha yang kita lakukan mendapat Ridlo dari Tuhan Yang Maha Esa. Dan kita selalu dibimbing kedalam kebaikan serta selalu dalam lindunganNya...Aamiin....

    ردحذف

إرسال تعليق

أحدث أقدم