FPRB Desa Tambakmulyo Kebumen giat Mitigasi abrasi sungai Telomoyo dan Pesisir Pantai

Kebumen, bolodesa.id (15/08/2021) Forum PRB dan masyarakat desa Tambakmulyo, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen  melakukan giat mitigasi bencana berupa penanaman pohon mangrove di hilir sungai telomoyo dan dan pandan laut di pesisir pantai Puring, Kabupaten Kebumen pada sabtu (14/08/2021)

Ketua FPRB Desa Tambakmulyom Jani mengatakan : "mitigasi ini bertujuan mengurangi risiko bencana akibat abrasi yang terjadi di wilayah dukuh Alangamba Desa Tambakmulyo. Tanah yang ada di wilayah dukuh Alangamba lama -lama terkikis hilir sungai telomoyo yang masuk ke laut Puring. Tentu  sangat berbahaya jika tidak segera diantispasi. 


Mitigasi Bencana di Pesisir Pantai Puring, kebumen dan Hilir Sungai Telomoyo

Melalui musyawarah Forum PRB Desa Tambakmulyo disepakati mengajukan bantuan bibit mangrove dan pandan laut kepada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kebumen untuk mengurangi abrasi di sekitar sungai telomoyo dan pesisir pantai, sebagai Rencana Aksi Komunitas Desa Tambakmulyo. 

Sementara Anggito, Fasilitator swadaya yang selama ini mendampingi FPRB Desa Tambakmulyo menjelaskan, "Pilihan tanaman mangrove selain bagus dalam mencegah abrasi, juga menjadi sarana untuk menjaga ekosistem perairan antara laut, pantai dan darat. Selain itu, juga akan membantu manusia yang tinggal di sekitarnya dalam mendapatkan iklim dan cuaca yang nyaman. 

Sementara pandan laut diharapkan mampu dimanfaatkan sebagai anyaman tikar pandan dan terbentuk kelompok -kelompok UMKM kerajinan tikar pandan di Desa Tambakmulyo. Selain itu juga sebagai konservasi pantai sebagai habitat penyu bertelur, yang sudah terbentuk kelompok konservasinya. 

Konon ada penelitian di Perguruan Tinggi kalau buahnya juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan olahan yang memiliki kandungan gizi cukup tinggi bagi masyarakat pesisir, tapi hal ini tentu membutuhkan kerjasama banyak pihak untuk mewujudkannya," jelas Anggito. 
Setelah menunggu beberapa lama, permohonan bantuan kepada Dinas Lingkungan Hidup  Kabupaten Kebumen disetujui dengan pemberian bantuan bibit sejumlah 1000 bibit mangrove dan 500 bibit pandan laut.


Hilir Sungai Telomoyo yang mengalami Abrasi
























Kegiatan mitigasi yang dilakukan oleh FPRB Desa Tambakmulyo ini diiikuti oleh ratusan warga Tambakmulyo, baik laki -laki maupun perempuan.  Bahkan mendapat solidaritas dari berbagai kelompok seperti : Unit Konservasi SAR Elang Perkasa Kebumen, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Kab. Kebumen, Warga masyarakat desa Tambakmulyo, Kec. Puring, Kab. Kebumen, Mahasiswa KKN Univ. Muhammadyah Purwokerto.

Lebih lanjut Jani, selaku ketua FPRB Desa Tambakmulyo mengucapkan terima kasih kepada pihak -pihak yang telah membantu dalam giat mitigasi yang dilakukan FPRB tambakmulyo. Buadaya gotong royong dan menjaga alam dapat terus di pelihara. Manusia ramah dengan alam, dan alampun akan ramah dengan manusia. (P-27)







Post a Comment

أحدث أقدم