Harga Bawang Merah Jatuh di Kabupaten Grobogan dalam Panen Desember 2020


Bolodesa.id - Grobogan. Harga bawang merah di kabupaten Grobogan musim panen Desember ini (12/2020), jatuh. Harga di Petani di tawar oleh pedagang hanya Rp. 5000,-. Sementara harga di pasaran beberapa kabupaten di Jawa Tengah mencapai Rp. 20.000 - 25.000.

Hal ini dikeluhkan oleh Muslikhin Abdullah, yang juga Kepala Desa Gundi kecamatan Godong Kabupaten Grobogan. 

Muslikhin mengungkapkan, bawang merah menjadi salah satu andalan desanya guna membangun kemandirian petani warga desa gundi disamping jagung dan kacang hijau. namun panen kali ini jatuh sehingga dia banyak mendapat keluhan dari warganya. 

"Bawang merah di desa kami sebenarnya termasuk kualitas bagus, tidak kalah dengan bawang brebes, yang sudah terkenal lebih dulu. Saya selaku Kepala Desa sudah memotivasi warga untuk giat dan kompak menanam. Apalagi dalam masa pandemi ini, harapan kami, pangan menjadi komoditas yang paling stabil. Tapi kenyataannya malah jatuh. mungkin ada over produksi di Jawa tengah atau bagaimana saya sendiri sebagai masyarakat biasa dan petani kurang paham. 

Kami hanya bisa berharap agar masalah ini tidak meluas ke kabupaten lain dan segera bisa diatasi Pemerintah, pungkasnya. (P-03)

Post a Comment

Previous Post Next Post