FPRB Desa Bugelan Bersama Pemdes Kembangkan Desa Wisata Bugelan

Tim FPRB Desa Bugelan gotong royong membangun kolam untuk Desa Wisata

Wonogiri - bolodesa.id. Desa Bugelan terletak di Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri. Desa paling ujung di sisi utara Jawa Tengah berbatasan dengan Kabupaten Pacitan - Jawa Timur. Berjarak 12 Km dari Kota Kecamatan Kismantoro dengan ketinggian 750 mdpl, merupakan dataran tertinggi di wilayah Kecamatan Kismantoro. Tak heran bila ancaman longsor selama ini menjadi ancaman utama di wilayah Desa Bugelan, jika memasuki musim penghujan. Ditambah struktur tanah yang banyak mengandung bebatuan sehingga mudah longsor. 
Luas wilayah Desa Bugelan kurang lebih 780.01 ha yang terbagi menjadi Empat dusun, Sembilan RW dan Dua puluh tujuh RT dengan jumlah jiwa 3.847 pada tahun 2018 dengan proyeksi pertumbuhan penduduk 0,3% pertahun. 


Dengan latar belakang kondisi alam dan manusia tersebut, dalam Kajian Risiko Bencana yang disusun Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Desa Bugelan, merupakan daerah dengan tingkat Risiko Sedang dalam ancaman longsor. Sering terjadi longsor tapi kecil - kecil dan tidak menimbulkan korban jiwa. 
Kerentanan Desa Bugelan utamanya pada kerentanan Ekonomi, sehingga banyak warga Bugelan usia produktif yang memilih merantau ke kota bahkan ke luar negeri. Hal ini karena potensi Desa Bugelan belum dikembangkan secara maksimal dalam meningkatkan kapasitas ekonomi Desa. 


Namun demikian, dalam beberapa tahun terakhir ini, geliat pembangunan di Desa Bugelan mulai di rasakan masyarakat. Berkat kekompakan dan keguyuban Pemerintah Desa dan Relawan Tangguh Bencana Desa Bugelan. 


Tim Relawan Desa Tangguh Bencana Bugelan



Desa Bugelan memiliki keindahan alam pegunungan dan Sumber Mata Air yang belum di manfaatkan secara maksimal. Pemerintah Desa Bugelan bersama FPRB Desa bersepakat untuk memanfaatkan Mata Air yang ada dengan mengelola menjadi Kolam Renang dan tempat wisata alam. 


Awalnya muncul pro - kontra apakah Kolam renang adalah pilihan tepat mengingat letak Desa Bugelan di lereng bukit.? 


Namun setelah konsultasi dengan banyak pihak, lokasi Kolam renang yang berada di dataran dan jauh dari lereng tidak membahayakan.   

Yuliana (kanan - depan), Ketua FPRB Desa Bugelan, Kec. Kismantoro, Wonogiri


Yuliana, Ketua FPRB Desa Bugelan menjelaskan, Program Desa Wisata Bugelan di danai dengan Dana Desa. FPRB mendukung Kebijakan Pemdes sekaligus untuk menuju ketangguhan Desa. Kami ingin mengembangkan menjadi tempat wisata yang nyaman dan aman dengan pemandangan alam pegunungan yang eksotik, aneka bunga dan Kolam renang. Harapan kami menjadi daya tarik wisata setidaknya bagi desa - desa di wilayah Kecamatan Kismantoro. mengingat di Kecamatan Kismantoro, baru ada di Desa Bugelan yang memiliki Kolam renang. Asik sebagai wisata keluarga dan anak - anak. 

Kuliner Khas Bugelan di Kolam Renang


Untuk mitigasi di sekitar kolam di tanam jenis pohon yang menguntungkan dan bisa menahan longsor, kami mendapat bantuan dari BPBD Wonogiri, yakni tanaman alpokat, kelengkeng dan lain - lain. Semoga kedepan bisa menjadi kawasan Agrowisata yang menarik, ungkap Yuliana.

"Dan mudah - mudahan juga, bisa menjadi tambahan pendapatan baik bagi masyarakat langsung maupun Pemerintah Desa dengan masuk ke PAD. Harapan kedepan, kami ingin mewujudkan ketangguhan desa agar memiliki Tabungan Bencana yang cukup,mengingat ancaman di Desa kami datang saat musim penghujan dan kemarau. Saat penghujan, ada ancaman longsor, saat musim kemarau, ada ancaman serangan Kera terhadap tanaman Petani. Kompleks ya..." Jelas Yuliana. (P-27)






Post a Comment

Previous Post Next Post