Jambore Kebangkitan Forum Karang Taruna Kecamatan Banjarmangu - Banjarnegara 2023

Rohyanto,Ketua Forum Karang Taruna Banjarmangu tengah berorasi di depan peserta Jambore

Banjarmangu, bolodesa.id (02/07/23) - Forum Karang Taruna Kecamatan Banjarmangu mengusung tema "Jambore Kebangkitan 2023" setelah vakum kurang lebih tiga tahun akibat pandemi yang melanda dunia.  Jambore yang berlangsung  tiga hari ini yaitu pada tanggal 30 - 2 juli. Diikuti oleh 406 peserta, perwakilan dari setiap pengurus karang taruna desa se kecamatan Banjarmangu. Ini merupakan rekor terbanyak dari helatan jambore pada tahun-tahun sebelumnya.

Jambore yang bertempat di lapangan desa Kendaga, kecamatan Banjarmangu dihadiri oleh FORKOPINCA, karang taruna kabupaten Banjarnegara,  dan FKPD berlangsung meriah dan berlanjalan lacar. Acara pembukaan dipimpin langsung oleh Camat Banjarmangu Sri Supijah Anggorowati, S.Sos ditandai dengan pelepasan balon warna-warni sebagai simbol bahwa karang taruna adalah manifestasi dari bermacam-macam pemuda dari ras,suku,budaya dan agama yang ada di nusantara.

Rohyanto ketua Forum Karang Taruna Kecamatan Banjaramangu yang ditemui disela-sela kegiatan mengatakan, Karang Taruna adalah milik kita semua tidak memandang warna kulit, atau apapun yang menjadi pembeda diantara kita.

“Karang Taruna adalah milik kita semua, tidak memandang warna kulit atau dari manapun kamu,kita semua sama. Jika berbicara soal pemuda tidak ada lagi kata saya yang ada ialah kita sebagai pemuda penerus bangsa maka sudah semestinya kita harus bergerak progresif dan peduli lingkingan sosial dan membangun jiwa yang berkarakter, seperti jargon pada jambore kebangkitan kali ini yaitu “bankit bersama maju berdaya guna”  ucapan terima kasih untuk rekan-rekan panitia lokal, Dinas Sosial, BPBD, RAPI, PMI Kabuaten Banjarnegara yang telah mensuport untuk suksesnya acara jambore kebangkitan  dan ini adalah awal kebangkitan yang berkelanjutan. Banjarmangu bersatu pasti maju “tegasnya.

Berbagai macam kegiatan yang diselenggarakan antara lain lomba paduan suara, LCC, pentas seni, mini bola voli, jelajah alam, video dokumenter dan loka latih penanggulangan bencana kebakaran, pulasara jenazah, videografi, dan P3K.

Rohyanto (memakai kopiah) menyerahkan Piagam Penghargaan kepada Peserta 

Arif Hidayat selaku ketua panitia jambore kebangkitan menyampaikan, karang taruna ini adalah wadah bagi insan muda yang kreatif inovatif dan berdaya saing. pemuda karang taruna ditempa dengan kepekaan sosial yang lebih sehingga memiliki sense of belonging dan peduli terhadap keadaan disekitar.

“Karang Taruna ini adalah wadah bagi insan muda yang kreatif, inovatif dan berdaya saing. pemuda karang taruna ditempa dengan kepekaan sosial yang lebih sehingga memiliki  sense of belonging dan peduli terhadap keadaan disekitar. terima kasih yang tak terhingga utuk semua pihak terkait yang telah membantu berupa pikiran, tenaga dan materiil utamanya untuk para sponsorsip sehingga kegiatan berlangsung lancar .” ujarnya.

Ketua MPKT Welas Aprilianto  “Jambore kebangkitan ini adalah jambore yang ke empat kalinya diadakan oleh Forum Karang Taruna kecamatan Banjarmangu setelah sebelumnya mengangkat tema keakraban,kebersamaan,kekompakan.” ia juga mengimbuhkan kesemangatan dari peserta kontingen tiap desa meningkat, kegiatan lebih banyak dan inovatif, harapannya jambore ini berkelanjutan walaupun tidak harus setiap tahun sekali tapi setidaknya ada regenerasi kepesertaan. (kahayunan)

Post a Comment

Previous Post Next Post