FPRB Desa Pasir Panjang Giat Reboisasi Mencegah Longsor

Brebes, bolodesa.id - (10/12/2020). Forum Pengurangan Risiko Bencana Desa Pasir Panjang Kecamatan Salem Kabupaten Brebes melakukan giat reboisasi di wilayah desa Pasir Panjang. Hal ini merupakan kegiatan yang di inisiasi oleh FPRB dan Pemerintah Desa Pasir Panjang, ungkap Sirwo, Ketua FPRB Desa Pasir Panjang. 

Tanaman yang di tanam merupakan jenis tanaman keras dan di pilih jenis buah - buahan seperti durian, alpukat dan pete. hal ini dengan tujuan agar tidak ditebang, bisa berjangka waktu lama dalam upaya membantu peresapan tanah sekaligus memperkuat struktur tanah tidak mudah longsor. 


Desa Pasir Panjang selama ini hidup dalam ancaman bencana banjir. tercatat terjadi banjir bandang di wilayah desa pasir panjang pada bulan Februari 2018. dengan catatan desa korban meninggal 11 orang, 7 hilang, 12 luka - luka, 642 orang mengungsi ke desa tetangga di desa Capar. Sementara yang mengungsi di Balaidesa Pasir panjang sejumlah 196 orang. Selain itu, Rumah rusak terkena longsor mencapai 36 rumah. 

Pengalaman banjir tahun 2018 menjadi pelajaran buat kami warga desa untuk selalu guyub dan gotong royong. Setelah dibentuk FPRB Desa Pasir Panjang oleh BPBD Propinsi Jawa Tengah, kami tambah semangat karena memiliki jaringan yang semakin luas di Jawa Tengah, tidak lagi merasa sendiri, ungkap Sirwo. (#)   





Post a Comment

Previous Post Next Post