FPRB Desa Tambakmulyo Kebumen adakan Pelatihan Penguatan Kapasitas Relawan Desa

Relawan Forum PRB "Bhakti Mulyo" Desa Tambakmulyo, Puring, Kebumen

Kebumen - Bolodesa.info - Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) "Bhakti Mulyo"  Desa Tambakmulyo Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen mengadakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Relawan FPRB Desa Tambakmulyo. 
 
Kepada Bolodesa.info, Jani selaku Ketua FPRB Desa Tambakmulyo mengatakan : "Pelatihan Peningkatan Kapasitas ini sesuai dengan Rencana Aksi Komunitas (RAK) yang telah disusun oleh FPRB "Bhakti Mulyo" tahun lalu.
 
Usulan R.A.K kami dalam Musdes tahun 2019 dahulu, agar masuk dalam anggaran RAPBDes 2020 di setujui oleh Pemerintah Desa. Salah satunya adalah kegiatan Peningkatan Kapasitas ini, dengan biaya APBDes, ungkap Jani.  
 
Diskusi Kelompok dengan Pelibatan Perempuan


FPRB Desa Tambakmulyo sendiri tergolong baru, dibentuk pada tahun 2019. "Setelah pembentukan, kami langsung bergerak menyusun program - program dan mengusulkan kepada Pemerintah Desa agar memasukan program FPRB dalam RAPBDes 2020 melalui Musdes, mengingat ancaman di desa kami tergolong ancaman dengan Risiko tinggi, yakni Tsunami" lanjut Jani.
 
Secara geografis Desa kami berhadapan dengan pantai Selatan Kebumen, Tepatnya di Kecamatan Puring Kebumen. Orang luar mungkin lebih mengenal dengan Pantai Suwuk, Kebumen.  
 
Kegiatan Peningkatan Kapasitas ini digelar selama dua hari pada tanggal 22 Desember dan 26 Desember 2020. Dan ini murni menggunakan Dana Desa dalam APBDes 2020. 
 
Adapun materi yang di bahas meliputi : 
  1. Regulasi dalam Penanggulangan Bencana Tingkat Desa 
  2. Update Basis Data Forum PRB Desa Tambakmulyo
  3. Perlindungan asset Produktif Masyarakat 
  4. Pengeloaan Sumber Daya Alam untuk Pengurangan Risiko Bencana 
  5. Evaluasi dan Rencana Tindak Lanjut  
"Selaku Narasumber sekaligus Fasilitator, kami mengundang Saudara Anggit Sukmanto, ST yang juga merupakan Fasilitator Nasional BNPB dan Pendamping swadaya pasca kegiatan fasilitasi Pembentukan Desa Tangguh Bencana oleh BPBD Kebumen, ", kata Jani 
 
Anggit Sukmanto, ST, Fasilitator BNPB

Lebih lanjut, Jani mengatakan : "Tujuan dari Pelatihan ini, kami ingin relawan Desa yang tergabung dalam FPRB "Bhakti Mulyo" tidak hanya memiliki kemampuan teknis dalam Pendataan, namun juga memiliki kemampuan analisa untuk memaksimalkan potensi Desa kami bagi kemajuan dan Kesejahteraan Masyarakat" (P-27) 
 

Post a Comment

Previous Post Next Post