FPRB Desa Seboro bersama warga gotong royong bersihkan timbunan longsor

Gotong Royong Relawan Desa Tangguh Bencana Desa Seboro, Kebuumen membersihkan material longsor

Kebumen, bolodesa.id. (21/02/2021) Hujan deras yang mengguyur Desa Seboro Kecamatan Sadang Kabupaten Kebumen mengakibatkan longsor di jalan Buncing yang merupakan akses utama desa Seboro menuju Kecamatan Sadang.
 
Ketua FPRB Desa Seboro, Sutarno mengabarkan kepada bolodesa.info, "tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun longsor yang terjadi mengakibatkan pohon pinus tumbang sehingga menutup akses jalan menuju Kecamatan Sadang dengan timbunan material longsoran.


Upaya pencegahan dan mitigasi sebenarnya sudah kami lakukan sebelum musim penghujan maupun mulai masuk musim penghujan, hanya secara geografis, desa Seboro memiliki banyak titik rawan longsor yang kecil - kecil. Dan Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, ungkap Sutarno. 


Tanpa menunggu lama, Relawan Desa Tangguh Bencana (DESTANA) Desa Seboro yang tergabung dalam Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Desa Seboro bersama masyarakat melakukan gotong royong membersihkan material longsor yang menutup akses jalan, pada Minggu (21/02/2021). 


Dengan menggunakan alat sekop dan cangkul sejak pagi hingga siang hari, para relawan bersama warga terlihat antusias membersihkan material tanah dan batang pohon akibat longsor agar tidak membahayakan pengguna jalan yang lewat. 

Partisipasi Perempuan dalam Gotong Royong membersihkan longsor

Alat berat juga dikerahkan untuk mengangkat batu batu yang besar dan sisa sisa pohon yang tumbang. Hadir juga dalam gotong royong, Kepala Desa Seboro, Adi Subarkah, ST menyemangati warga ikut membantu membersihkan jalan. (P-27)

Post a Comment

Previous Post Next Post