Giat Kesiapsiagaan Bencana PPKM Mikro dan FPRB Desa Seboro

Giat Kesiapsiagaan Bencana Desa Seboro, Kecamatan Sadang Kabupaten Kebumen

Kebumen, bolodesa.id (Minggu 28 Maret 2021) Pemerintah Desa Seboro Kecamatan Sadang Kabupaten Kebumen melalui Satgas PPKM bersama Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Desa Seboro melakukan giat Kesiapsiagaan Bencana pada Sabtu - Minggu, 27-28 Maret 2021. Kesiapsiagaan adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya bencana, dalam hal ini ancaman penyebaran virus corona di wilayah Desa Seboro. 

Serangkaian kegiatan tersebut berupa sosialisasi ke warga agar senantiasa disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan dengan 5 M dan penyemprotan masal sebagai bentuk Kesiapsiagaan guna mengurangi Risiko penyebaran Covid-19.

Sekretaris Desa Bilaludin, S.E yang juga merupakan Satgas PPKM menjelaskan, "Kegiatan Kesiapsiagaan ini terpaksa dilaksanakan dua tahap Sabtu dan Minggu, bukan karena kurangnya jumlah relawan, tapi lebih pada keterbatasan jumlah alat penyemprotan dan luasnya wilayah desa Seboro". Pada tahap pertama, hari Sabtu  dilaksanakan di wilayah Desa Seboro bagian utara dengan melibatkan Relawan dari Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB).  Masing - masing RT untuk mengirimkan wakilnya dua orang per-RT, dengan jumlah keseluruhan 22 RT. Sementara pada hari Minggu, untuk Seboro wilayah Selatan, dengan 28 RT.  Kegiatan ini sekaligus sebagai bentuk pembinaan relawan hingga ketingkat RT dalam meningkatkan Kapasitas relawan.

Partisipasi Perempuan dalam Tim Penyemprotan Disinfektan

Kegiatan hari pertama diawali dengan persiapan pemberangkatan di Titik Kumpul Selo Asri, sasaran penyemprotan adalah rumah warga dan fasilitas umum seperti masjid, mushola dan sekolah. Ikut hadir dalam acara tersebut Babinkamtibmas dari Polsek Kecamatan Sadang. 

Sebelum diberangkatkan para Relawan FPRB  dan Tokoh Masyarakat di beri penjelasan teknis kegiatan oleh Ketua PPKM, yang dalam hal ini di wakili oleh Sekretaris Desa Bilaludin, S.E. Beliau menyampaikan teknis penyemprotan agar tidak membahayakan warga. Setelah diberangkatkan masing-masing dusun bisa melaksanakan penyemprotan dengan bersama-sama di satu RT, setelah selesai baru pindah ke RT yang yang lain, atau langsung masing-masih melaksanakan di lingkungan RTnya. 

Pesan Beliau pada saat kegiatan tersebut diwajibkan untuk mendokumentasikan sebagai pertanggungjawaban keuangan ke Pemerintah Desa. Karena pendanaan kegiatan Kesiapsiagaan tersebut bersumber dari Dana Desa

Pada saat yang bersamaan juga Tim PPKM menyampaikan sosialisasi melalui pengeras  suara berkeliling pakai mobil ke Wilayah Seboro Utara,  menyampaikan pentingnya menjaga protokol Kesehatan dengan melukan 5 M untuk memutus mata rantai Covid-19. Kegiatan yang sama dilaksanakan hari ini, minggu tanggal 28 Maret 2021 di wilayah Seboro Selaltan terdiri dari 3 Dusun 5 RW dan 28 RT. (P-27)

Post a Comment

Previous Post Next Post