Pemdes Seboro lakukan Simulasi Evakuasi Mandiri Memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) 2021


Simulasi Evakuasi Mandiri Memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) 2021

Kebumen,bolodesa.id (26/4/2021) Dalam rangka Memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) dan Pengurangan Risiko Bencana tanggal 26 April tahun 2021 Pemerintah Desa Seboro Kecamatan Sadang Kabupaten Kebumen melaksanakan simulasi evakuasi mandiri khususnya di lingkungan Pemerintah Desa Seboro.


Kegiatan Simulasi ini sesuai dengan Surat Perintah Sekretaris Daerah Kabupaten Kebumen Nomor : 360/911 tanggal 21 April 2021, agar melakukan simulasi serentak pada hari Senin 26 April 2021 mulai pukul 10.00 WIB.


Simulasi dimulai dengan membunyikan kentongan, alarm, sirine atau lonceng sebagai penanda adanya bencana di wilayah Desa Seboro. Untuk pilihan bentuk bencana yang disimulasikan adalah "Gempa Bumi". 
Meskipun secara geografis Desa Seboro terletak di sisi utara Kabupaten Kebumen, namun sering ikut merasakan getaran gempa jika terjadi gempa di Pantai Selatan Jawa, khususnya pada jalur Cilacap - Kebumen maupun Jogja - Kebumen. 


Ditemui bolodesa.info di sela - sela kegiatan simulasi, Kepala Desa Seboro, Adi Subarkah, ST mengatakan, "Dengan latihan ini saya berharap perangkat desa memiliki kesiapsiagaan dan mengetahui tata cara penyelamatan diri dari ancaman.


Perangkat desa sebagai pelayan masyarakat senantiasa dituntut memiliki kesiapsiagaan yang tinggi dan wajib tahu tata cara penyelamatan diri ketika terjadi gempa agar pelayanan masyarakat dapat tetap berjalan.


Selain itu, Perangkat Desa sebagai tokoh masyarakat di lingkungan tempat tinggal juga harus bisa mengenali bahaya atau ancaman yang datang, sehingga bisa mengurangi risiko terutama terjadinya korban jiwa, dan mengetahui lokasi evakuasi. Dan pengetahuan dari latihan ini bisa menjadi edukasi ke masyarakat.


Dari latihan ini, kami berharap bisa melengkapi dokumen Rencana Kontinjensi (Renkon) yang pernah disusun saat Pelatihan Desa Tangguh Bencana pada tahun 2019 terutama pada analisa kebutuhan jika sampai harus tanggap darurat. Meskipun kami senantiasa berdoa bencana itu tidak pernah terjadi di wilayah Desa Seboro, ungkap Kepala Desa Seboro. (P-27)









Post a Comment

Previous Post Next Post